Tuesday, January 7, 2014

Mengenal Buburabbitbarn

Buburabbitbarn adalah breeder atau peternak atau juga bisa disebut penghobi kelinci . Kami memulai peternakan pada Oktober 2012. Kami mengkhususkan pada pengembangan kelinci jenis REX atau bulu karpet.

Saat ini di Indonesia kelinci memang belum populer seperti hewan peliharaan lainnya contohnya burung kicauan. Akan tetapi geliat penghobi kelinci sebenarnya telah dimulai sejak lama, karena banyaknya mitos bahwa kelinci adalah hewan yang mudah mati menyebabkan orang cenderung memilih hewan lain selain kelinci. Sebenarnya dengan perawatan yang tepat kelinci bisa hidup hingga 10 tahun.  Mitos ini dikarenakan banyak masyarakat membeli kelinci di tempat yang salah sehingga  tidak mendapatkan informasi yang tepat bagaimana memilih kelinci dan cara perawataanya. Jika masyarakat tahu bahwa memelihara kelinci itu mudah dan bahkan cenderung tidak memerlukan perlakuan khusus kelinci dapat menjadi sahabat manusia  yang menggemaskan.

Sebagai hewan sumber protein hewani, kelinci juga belum sepopuler lainnya, mungkin sebatas di tempat-tempat wisata atau hotel-hotel tertentu. Padahal kelinci adalah sumber protein hewani memiliki keunggulan rendah kolesterol dan memiliki tesktur daging yang lembut.

Berangkat dari hal tersebut maka kami mulai  meengembangkan buburabbitbarn. Sebagai ternak kelinci sekaligus memasyarakatkan kelinci sehingga  kelinci menjadi hewan peliharaan yang populer sejajar dengan lainnya. Pemilihan jenis  Rex juga didasarkan bahwa kelinci ras ini memiliki dua keunggulan, selain sebagai kelinci hias yang memiliki bulu yang halus dan ramah, juga memiliki kualitas daging yang baik sebab asal muasal ras ini ditujukan untuk menghasilkan kelinci pedaging.

No comments:

Post a Comment