Friday, January 17, 2014

KELINCI SEBAGAI HEWAN PELIHARAAN




Bagi yang ingin memiliki hewan peliharaan sebagai teman bermain maka kelinci dapat dijadikan salah satu alternative pilihan. Ada banyak alasan Kelinci bisa menjadi hewan peliharaan yang menarik. Untuk yang tertarik kelinci sebagai hewan sebagai peliharaan maka berikut  adalah ciri khas kelinci:


1.    Kelinci tidak menyalak bahkan cenderung tidak berbunyi sama sekali, kelinci hanya berbunyi ketika takut atau kesakitan, kelinci tidak memanjat pohon layaknya kucing atau juga merobek-robek tirai.
2.    Kelinci adalah hewan pemalu. Kelinci sebelum merasa  rileks dan nyaman harus benar-benar percaya diri di lingkungannya. Hal ini wajar  karena insting kelinci di alam liar adalah sebagai hewan yang dimangsa sehingga kelinci sering bersikap hati-hati. Ketika kelinci merasa gugup atau tidak aman  dia akan bersembunyi dan mengintip sampai menyadari anda adalah temannya bukannya musuh, ketika kelinci sudah merasa aman dia akan mendatangi anda.
3.    Kelinci adalahh hewan yang aktif. Kelinci juga lebih aktif di malam hari atau (nocturnal). Kelinci aktif pada saat fajar dan senja hari. Ketika matahari terbenam dan suhu mulai dingin mereka akan keluar dan makan.  Mereka biasa menjelajahi semak-semak dan  rumput di sekitarnya selama beberapa jam. Setelahnya dia akan bersitirahat selama beberapa jam  dan aktif kembali sebelum tidur. Hal ini semua menjadikan kelinci adalah hewan yang cocok untuk hewan peliharaan. Ketika pagi anda berangkat kerja atau sekolah kelinci bersembunyi atau istirahat. Ketika anda pulang di sore hari kelinci mulai aktif sehingga anda bias bermain dengannya.
4.    Kelinci adalah hewan yang ramah. Tidak seperti hewan anjing yang menggigit atau kucing yang mencakar. Pada umumnya kelinci adalah hewan yang ramah karenaa sifat pemalunya. Akan tetapi ketika usia sekitar6 bulan kelinci mungkin sedikit agak rewel dengan sering menghentakkan kakinya di kandang. Hal  ini dilakukan karena nalurinya untuk segera kawin. Tapi selepas kawin biasanya akan berhenti.
5.    Kelinci suka sekali mengunyah barang. Kelinci  adalah hewaan herbivora yang suka makan rumput, semak-semak dan kulit.
6.    Kelinci dapat hidup di dalam rumah dan di dalam kandang. Kelinci jika hidup di dalam rumah dapat dilatih untuk buang kotoran pada tempatnya. Sedangkan jika kelinci dikandangkan di luar rumah maka perlu diperhatikan perlindungan dari kondisi cuaca.
7.    Kelinci tidak cocok dengan panas .Di hari yang panas, kelinci liar bersembunyi dengan aman di bawah tanah , di mana suhu jauh lebih dingin dari atas tanah . Di atas sekitar 85 derajat  Fahrenheit , kelinci mulai terengah-engah dan mendapatkan stres . Di hari yag sangat panas  dapat  membuat kelinci stroke dan juga dapat mengalami kematian..
8.    Kelinci sebagai hewan peliharaan sebenarnya sangat mudah untuk menjaga dan merawat diri. Pastikan anda memenuhi kebutuhan dasar kelinci – yaitu makanan , air, tempat tinggal lingkungan yang bersih , dan perlindungan dari predator . Jika kelinci hewan peliharaan Anda,  Anda juga ingin menikmati persahabatan dan persahabatan dari kelinci. Anda dapat membawanya keluar dari kandang , bermain dengannya , memberikan ruang untuk aman berkeliaran , sehinggga kelinci dapat berlari-lari , dan hal-hal seperti itu .

No comments:

Post a Comment